Mengenal Lebih Dekat Mengenai Gitar Akustik

Gitar Akustik

Seperti yang disebutkan dalam artikel kami tentang “Sejarah Gitar,” gitar telah ada selama berabad-abad. Gitar asli adalah gitar Akustik, yang berubah bentuk selama beberapa ratus tahun. Karena Anda telah diberikan garis waktu evolusi gitar, dalam artikel ini kita akan membahas lebih mendalam tentang gitar Akustik itu sendiri.

Sejarah

Gitar Akustik pada dasarnya adalah turunan gitar Klasik, yang dalam bentuknya saat ini, telah ada selama lebih dari 100 tahun. Perbedaan utama antara gitar Klasik dan Akustik adalah bahwa satu dirangkai dengan string nilon, sementara yang lain dirangkai dengan string baja. Karena gitar Akustik dirangkai dengan tali baja, ia memiliki suara yang lebih keras dan lebih terang yang menarik bagi pemain folk dan blues.

Perbedaan lain antara gitar Akustik dan Klasik adalah bahwa gitar Akustik memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, struktur yang lebih kuat, dan leher yang lebih sempit daripada gitar Klasik. Struktur gitar Akustik lebih kuat sehingga dapat menahan ketegangan besar yang ditempatkan di atasnya oleh string baja yang lebih berat.

Gitar Akustik-Listrik tidak pernah ada selama hampir waktu yang dimiliki oleh rekan-rekan Akustik mereka. Gitar-gitar ini, yang memiliki kemampuan untuk dicolokkan ke dalam amp dan dimainkan unplugged, telah ada selama sekitar 70 tahun.

Semua tentang gitar Akustik

Tubuh gitar Akustik murah biasanya terbuat dari kayu lapis laminasi. Akustik yang lebih mahal terbuat dari potongan kayu solid spruce yang lebih tinggi Pada gitar Akustik, bahan yang dibuat tubuh benar-benar penting, sehingga mereka yang mencari suara kaya akan ingin memilih gitar dengan tubuh yang terbuat dari kayu yang lebih bagus seperti sebagai kayu cemara atas.

Leher gitar Akustik biasanya terbuat dari maple, mahoni, atau rosewood. Namun, beberapa leher gitar terdiri dari berbagai jenis kayu. Lagi-lagi, kualitas kayu memang penting. Secara umum, gitar Akustik dengan leher terbuat dari maple atau mahoni berkualitas tinggi dan tubuh yang dibuat dengan bagian atas spruce yang solid adalah gitar berkualitas dengan nada yang bagus. Gitar ini biasanya berharga $ 250 ke atas.

Getaran senarnya diperkuat oleh soundhole gitar. Di sinilah semua suara yang Anda dengar berasal.

Jika Anda melihat ke dalam lubang suara gitar Akustik, Anda akan melihat konstruksi tubuh. Ada penguat dan pelapis, semuanya penting untuk menjaga agar gitar tetap utuh dan dapat dimainkan. X-bracing, bracing yang kuat dan tahan lama, biasanya digunakan pada gitar Akustik karena berat dan cukup kuat untuk menahan tekanan senar baja.

Di tubuh gitar, Anda akan menemukan jembatan. Di sinilah satu ujung dari string berjalan. Senar dimasukkan ke dalam lubang kecil dan pasak jembatan menahannya di sana.

Di leher gitar Akustik adalah fretboard. Kebanyakan fretboard pada gitar Akustik terbuat dari rosewood atau ebony. Gitar akustik yang lebih mahal memiliki fretboard yang terbuat dari kayu berkualitas lebih tinggi.

Headstock dari gitar Acoustic memiliki enam pasak tuning (tiga di setiap sisi headstock) dan enam tuner (tiga di setiap sisi headstock). Gitar Akustik yang baik akan memiliki tuner Grover die-cast yang biasanya tetap selaras lebih lama dari tuner merek lain.

Seperti rekan-rekan listrik mereka, gitar akustik disetel dalam standar E A D G B E tuning. Kebanyakan gitar Akustik memiliki enam senar, sementara beberapa memiliki dua belas. Jika Anda ingin tahu tentang perbedaan antara keduanya, lihat artikel kami di? Twelve string vs. Enam string ?.

Gitar Akustik masih tetap menjadi instrumen yang sangat populer. Ini digunakan di hampir setiap gaya musik? Rock, pop, country, blues, sebut saja. Gitar akustik adalah instrumen yang bagus untuk pemula dan profesional.

Comments are closed.